Cecar Fadli Zon, Najwa Shihab Minta Kritisi Acara Habib Riz*eq: Lagi-lagi Kritiknya ke Pemerintah



NusaMerdeka ~  Politikus Partai Gerindra, Fadli Zon dicecar oleh presenter Najwa Shihab kaitannya dengan kerumunan dalam acara Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab.

Momen tersebut terjadi dalam acara Mata Najwa Trans7, Rabu (18/11/2020).

Dilansir TribunWow.com, Najwa Shihab mulanya meminta kepada Fadli Zon supaya melihat lebih jauh kejadian melanggar protokol kesehatan tersebut.

Termasuk memberikan kritiknya jika memang perlu dan ada yang harus dikritik.

"Apa yang Anda lihat perlu dikritisi dari rangkaian kegiatan yang mengakibatkan kerumunan massa luar biasa besar?" tanya Najwa Shihab.

Menjawab hal kaitannya dengan terjadinya kerumunan dalam beberapa acara Habib Rizieq, Fadli Zon justru menyalahkan pemerintah.

Menurutnya, penyebab pertama masih banyaknya kerumunan, tidak hanya di acara Habib Rizieq, adalah karena pemerintah sudah gagal melakukan edukasi kepada masyarakat.


"Yang harus dikritisi pemerintah gagal memberikan edukasi kepada masyarakat, imbauan untuk bahayanya Covid-19,"  kata Fadli Zon.

"Saya termasuk yang mengatakan Covid-19 ini berbahaya, kita harus tetap cuci tangan, jaga jarak, dan sebagainya," jelasnya.

Mendengar jawaban dari Fadli Zon, Najwa Shihab menilai kritik dari Fadli Zon salah sasaran.

"Pertanyaan saya sebenarnya apa yang harus dikritisi dari kegiatan yang melibatkan FPI, tapi lagi-lagi Anda kritiknya kepada pemerintah," kata Najwa Shihab.

"Ya iya dong, kalau masyarakat tidak patuh berarti ada sesuatu yang harus refleksikan, kenapa itu bisa terjadi," jawab Fadli Zon.

Baca juga: Slamet Maarif Mengelak Habib Rizieq Serukan Berkumpul, Najwa Shihab Tunjukkan Cuplikan Videonya

Lebih lanjut, Najwa Shihab kembali menggiring Fadli Zon untuk melihat fakta di lapangan penyebab terjadinya kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan dalam acara Habib Rizieq.

Melihat beberapa pernyataan dari Fadli Zon, Najwa Shihab menilai ada kesan tidak ada yang salah dalam kejadian tersebut.

Kesan lainnya adalah dari Fadli Zon sendiri yang tidak ingin memberikan kritiknya.

"Anda tidak melihat ada tanggung jawab moril, pemimpin umat, tokoh yang kemudian massanya besar untuk memastikan protokol kesehatan dilakukan, Anda sama sekali tidak mau mengkritik itu?" tanya Najwa Shihab.

Fadli Zon lantas menegaskan bahwa dirinya bersama Habib Rizieq merupakan tokoh yang tetap mempercayai penyebaran Covid-19.

Oleh karenanya, ia mengatakan tetap mendukung adanya protokol kesehatan dan memiliki kesadaran akan hal itu.

"Bukan, bukan. Saya waktu ketemu Habib Rizieq tanggal 12, di situ waktu bicara, kami pakai masker kok di dalam ruangan beliau. Jadi ada kesadaran ada imbauan," ungkapnya.

"Jadi menurut saya kita harus adil, ini persoalannya. Keadilan di dalam menegakkan aturan itu yang paling penting, kalau tidak nanti masyarakat akan mengabaikan, akan membangkang," tutup Fadli Zon.

Fadli Zon Bantah Habib Rizieq Langgar Prokes

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menanggapi dugaan pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan simpatisan pendukung Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab alias Habib Rizieq.

Dilansir TribunWow.com, hal itu ia sampaikan dalam tayangan Aiman di Kompas TV, Selasa (17/11/2020).

Diketahui pada kepulangan Rizieq ke Tanah Air, kerumunan massa menyambut di bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) lalu.

Tidak hanya itu, Rizieq mengadakan acara Maulid Nabi Muhammad dan pernikahan putrinya, Syarifah Najwa Shihab, di kediamannya yang berada di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat pada Sabtu (14/11/2020).

Fadli Zon menilai antusiasme simpatisan FPI dalam menyambut pemimpinnya menunjukkan dukungan terhadap Rizieq.

Meskipun begitu, dikhawatirkan kerumunan massa yang ditimbulkan Rizieq akan menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

"Tentu itu yang harus diwaspadai," komentar Fadli Zon singkat, saat ditanya tentang hal itu.

Diketahui Fadli sendiri sempat menyambangi kediaman Rizieq di Petamburan untuk bersilaturahmi.

Ia mengaku justru Rizieq sendiri yang mengimbau dirinya dan orang lain agar tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker.

"Tentu waktu saya kemarin bertemu dengan Habib Rizieq, juga diimbau di situ, 'Tetap pakai masker'," ungkap Fadli.

"(Yang mengatakan) Habib Rizieq-nya," katanya.

Ia menilai Rizieq sendiri sudah memiliki kesadaran akan pentingnya protokol kesehatan tersebut, mengingat DKI Jakarta masih menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Artinya ada kesadaran itu, kok," kata Fadli.

Diketahui imbas lain dari kerumunan yang ditimbulkan tersebut adalah pencopotan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dari jabatan mereka karena dianggap lalai memastikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipanggil Polda Metro Jaya dipanggil untuk memberikan keterangan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

Fadli Zon kemudian mengomentari kehadiran Rizieq sebagai tokoh baru dalam kancah politik Indonesia.

"Habib Rizieq itu menurut saya adalah seorang tokoh yang mempunyai pandangan-pandangan yang kritis," komentar mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

Meskipun begitu, ia menilai pemimpin FPI itu tetap mematuhi aturan yang berlaku dalam menyampaikan pandangan dan kritiknya terhadap isu-isu politik.

"Tapi 'kan tetap di bawah koridor konstitusi yang menjamin kebebasan berpendapat baik lisan maupun tulisan, termasuk berkumpul, berorganisasi," tambah Fadli.

Sumber :tribunnews.com

0 Response to "Cecar Fadli Zon, Najwa Shihab Minta Kritisi Acara Habib Riz*eq: Lagi-lagi Kritiknya ke Pemerintah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close