Ingat Enzo Taruna Akmil Keturunan Prancis yang Dulu Viral, Begini Kondisinya Kini



NusaMerdeka ~  Isu radikalisme memang menjadi salah satu isu yang mendapat sorotan besar di Indonesia. Menganut ideologi Pancasila, radikalisme yang menyimpang dari ideologi ini tentu dapat membahayakan negara. Dalam lapisan masyarakat, pemuda menjadi sasaran empuk paham radikalisme.

Seorang taruna Akmil bernama Enzo Zenz Allie sempat menjadi perbincangan hangat tahun 2019 lalu. Enzo, begitu namanya disebut, sempat diduga terpapar radikalisme. Seperti yang kita tahu, seorang aparat negara yang terpapar radikalisme tentu akan membahayakan negara itu sendiri. Hal ini dibenarkan oleh Wawan Hari Purwanto selaku Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN).

"Kalau ilmu-ilmu itu jatuh ke orang yang tidak steril, tentu efeknya akan panjang," ungkapnya.

Dugaan Enzo terpapar radikalisme ini membuatnya TNI melakukan verifikasi terhadap latar belakangnya. Kini setelah satu tahun berlalu, kabar terbaru Enzo sang taruna Akmil keturunan Prancis, kembali muncul ke permukaan.

Sempat Viral Karena Dugaan Radikalisme
Pada tahun 2019, Enzo Zenz Allie atau Enzo diduga terpapar radikalisme. Enzo diisukan terafiliasi organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Hal ini kemudian membuat TNI kembali menyelidiki latar belakangnya. Wawan Hari Purwanto, Juru Bicara Badan Intelijen Negara (BIN) mengatakan jika Enzo harus bersil dari ideologi yang berbeda.

"TNI perlu lakukan verifikasi lebih detail, kata kuncinya dia (Enzo) harus steril dari ideologi yang berbeda," tuturnya.

Enzo memang dinyatakan lolos taruna TNI lantaran dirinya memenuhi segala persyaratan. Namun dalam kasusnya ini, pihak TNI kemudian melakukan verifikasi kembali. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa mengatakan salah satu variabelnya adalah media sosial milik Enzo.

"Dalam pemeriksaan parameter tes yang kami lakukan, yang bersangkutan oke. Tapi kami juga memahami mungkin ada pendalaman, jadi kita akan lakukan terhadap semuanya bukan hanya kepada dia (Enzo)," ungkapnya.

Masih Menjadi Taruna dan Sempat Bertemu Prabowo
Kini setelah satu tahun berlalu, Enzo ternyata masih termasuk dalam taruna Akademi Militer TNI. Hal ini diketahui setelah Prabowo melakukan kunjungan.

Dalam kunjungannya, Pabowo tidak hanya bertemu dengan Enzo, ia juga memberikan pembekalan kepada calon perwira remaja TNI Angkatan Darat. 

Momen itu diketahui dalam video unggahan Twitter milik Juru Bicara Menhan Dahnil Simanjuntak beberapa waktu lalu.

Keturunan Prancis-Indonesia
Pemberitaan Enzo pertengahan tahun lalu, sempat membuat heboh karena dugaan radikalisme. Enzo bukan asli orang Indonesia, ia merupakan keturunan Prancis-Indonesia.

Diketahui sejak dirinya masih dalam proses seleksi taruna. Enzo diketahui masih berbicara menggunakan bahasa Prancis dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

[vna]

Sumber :merdeka.com

0 Response to "Ingat Enzo Taruna Akmil Keturunan Prancis yang Dulu Viral, Begini Kondisinya Kini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close