Ini Daftar Menteri Jokowi yang Positif Covid-19: Menhub Budi Karya hingga Menag Fachrul Razi



NusaMerdeka ~   Jumlah penyelenggara negara dan pejabat publik yang terpapar virus corona kian meningkat. Setelah anggota Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Pramono Ubaid Thantowi, kini Menteri Agama Fachrul Razi yang dinyatakan terpapar Covid-19.

Menag Fachrul Razi bukanlah yang pertama dari jajaran menteri Jokowi yang terkena virus corona. Sebelumnya ada dua menteri yang sudah sempat positif covid setelah akhirnya dinyatakan sembuh. 

Berikut rangkuman Tribunnews.com terkait daftar menteri Jokowi yang positif covid-19:

Baca: Wamenag: Kondisi Menag Fachrul Razi Semakin Membaik Tapi Dokter Masih Beri Pendampingan Intensif

1. Menteri Agama Fachrul Razi

Kepastian kabar Menag positif Covid-19 disampaikan oleh staf khususnya, Kevin Haikal.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif," kata Kevin seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Senin (21/9/2020).

Saat ini, kondisi fisik Menag dalam keadaan baik dan tidak muncul gejala-gejala mengkhawatirkan. Namun demikian, Menag tetap menjalani isolasi serta beristirahat.

"Ini bagian dari wujud komitmen beliau dalam menaati peraturan protokol kesehatan dan memutus mata rantai kemungkinan penyebaran," ucapnya.

Sebelum dinyatakan positif, Menag diketahui sempat melakukan serangkaian kegiatan seperti melakukan kunjungan kerja ke Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 16-17 September.

Selama dua hari kegiatan, Menag sempat berinteraksi dengan sejumlah pihak.

Pertama, saat tiba di Bandara Praya Internasional Lombok, ia disambut oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen M Iqbal, Kakanwil Kemenag NTB Zaidi Abdad, tokoh agama dan unsur Forkominda dan rektor UIN Mataram.

Selanjutnya, ia juga diketahui mengunjungi Pusat Pelayanan Terpadu Kemenag NTB.

Menag juga sempat menyerahkan Bantuan Operasional Pesantren untuk sejumlah pondok pesantren yang ada di Lombok NTB.

Selain didampingi Gubernur dan Kakanwil Kemenag NTB, kegiatan itu juga dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Agama Jul Efendi dan Kevin Haikal, Sekretaris Menteri Agama Khoirul Huda Basyir, anggota Komisi VIII DPR dari Dapil NTB, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Terakhir, ia sempat bersilaturahmi dengan Tuan Guru Haji (TGH) Muhammad Turmudzi di Komplek Pondok Pesantren Qomarul Huda Bagu, setelah sebelumnya mengunjungi UIN Mataram.

Menag juga diketahui sempat mengikuti rapat kerja di Komisi VIII DPR pada Senin (14/9/2020), serta melantik 22 pejabat eselon II di lingkungan Kemenag pada Selasa (15/9/2020).

Kondisi terbaru

Kondisi Menag kini dikabarkan membaik, hal itu tak terlepas dari proses medis yang sedang dijalani.

Selain itu, juga dukungan, perhatian, dan doa dari masyarakat untuk kesembuhan Fachrul Razi.

“Alhamdulillah, progres kesehatan Menag stabil. Dari hasil pemeriksaan dokter, hingga hari ini kondisinya membaik."

"Update beberapa jam yang lalu, beliau sedang makan telur rebus sambil menonton tv dan mengupdate informasi melalui pemberitaan media,” ujar Kevin di Jakarta, Selasa (22/9/2020), dikutip dari Kemenag.go.id.

“Menag menitipkan salam dan rasa terima kasih kepada semua pihak atas dukungan, perhatian, dan yang telah diberikan untuk kesembuhan beliau,” lanjutnya.

Ia menambahkan, tracing terhadap orang-orang yang pernah berinteraksi dengan Menag terus dilakukan.

Anggota keluarga dan para perangkat pendukung kegiatan Menag sudah melakukan tes swab, dan semua hasilnya negatif.

 2. Menteri KKP Edhy Prabowo 

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo diketahui positif Covid-19.

Namun, tak pernah ada pengumuman resmi terkait status Edhy Prabowo baik dari pejabat yang bersangkutan, humas kementerian, atau pun pihak Istana.

Kabar Edhy terpapar Covid-19 justru pertama kali dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR Daniel Johan. Komisi IV merupakan mitra Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Belakangan, Juru Bicara Khusus Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad juga membenarkan bahwa kadernya itu terpapar Covid-19. Namun ia baru mengumumkan saat Edhy sudah dinyatakan sembuh.

Menurut Dasco, Edhy Prabowo sempat dirawat di Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Namun belakangan kondisinya sudah berangsur membaik.

"Bahwa benar yang bersangkutan Saudara Edhy Prabowo terkena Covid-19. Saudara Edhy Prabowo merasa keadaannya sehat dan sudah makan enak, dan alhamdulillah hasil swab sudah negatif," kata Sufmi dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Edhy Prabowo pun belum kembali bertugas sebagaimana mestinya akibat terinfeksi Covid-19. Ia tidak hadir dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi IV DPR RI, Selasa (22/9/2020) yang membahas penyesuaian rencana kerja anggaran (RKA) KKP tahun anggaran 2021.

3. Menhub Budi Karya

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi merupakan menteri pertama di kabinet Jokowi yang positif terkena virus corona.

Ketika itu, hal tersebut disampaikan Wakil Kepala RS Kepresidenan RSPAD Gatot Subroto, Albertus Budi Sulistyo dalam konferensi pers di Kemensetneg, Sabtu (14/3/2020).

Budi Karya Sumadi positif virus corona dengan kasus nomor 76.

Saat ini, Menhub Budi Karya tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto.

"Atas izin pimpinan pemerintah dan keluarga, pasien nomor 76 yang sedang dirawat di RS Gatot Subroto dan hasil lab positif untuk Covid-19," tambahnya.

Ia pun menuturkan bagaimana kronologi Menhub Budi Karya terkena virus corona.

"Jadi awalnya beliau dirawat di rumah sakit swasta, perkembangannya timbul sesak napas dan pemasangan beberapa alat medik."

"Saat ini, beliau kita rawat di RSPAD dan ada perkembangan kesehatan beliau."

"Beliau adalah pejabat yang banyak melakukan kunjungan," ujar dia.

Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, turut memberikan keterangannya terkait kondisi Menhub Budi Karya.

Menurut Pratikno, Menhub Budi Karya adalah sosok yang aktif menangani kasus Covid-19 di Indonesia.

"Beliau sangat aktif untuk menangangi dampak Covid-19 ini, banyak sekali kegiatan Kemenhub yang berhubungan untuk penanganan Covid-19."

"Keterlibatan beliau, kerja keras beliau luar biasa dalam menangani dampak ini, kondisi kesehatannya pun semakin baik," ujar Pratikno.

Sayangnya, tidak diketahui secara persis kapan Menhub Budi Karya terkena virus corona.

Saat ditanya apakah Menhub terkena corona saat menyambut ABK pesiar Diamond Princess melalui Bandara Kertajati, Pratikno memilih tidak menjawab.


Terkait kekosongan posisi Menhub, Pratikno bilang akan dijabat sementara oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Sebelumnya diketahui, Menhub Budi Karya sempat dirawat di rumah sakit karena menderita sakit tifus dan asma.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengungkapkan kalau Budi Karya bukan karena terjangkit virus corona.

"Beliau tengah dalam perawatan di rumah sakit karena penyakit tifus dan asma yang sudah lama diderita," kata Adita seperti dikutip dari Kompas.com, Sabtu (13/3/2020).

Sumber :tribunnews.com

0 Response to "Ini Daftar Menteri Jokowi yang Positif Covid-19: Menhub Budi Karya hingga Menag Fachrul Razi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close