Jeritan pengguna PLN, listrik cuma 900 watt tapi ditagih Rp19 juta


NusaMerdeka ~ Curhatan pengguna PLN, tagihan listrik kembali melonjak. Padahal daya listrik 900 watt tapi tagihannya tiba-tiba jadi Rp19 juta.

Pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) COVID-19 atau Maret hingga Juni 2020 lalu, Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendapat sorotan publik lantaran sejumlah masyarakat secara bersamaan mengeluhkan lonjakan tarif listrik yang dinilai tak wajar.

Kini, lonjakan tarif listrik tersebut kembali terjadi, seperti yang dikisahkan oleh salah satu pengguna akun Twitter @ummudaardaa. Dalam sebuah utas yang dibuatnya, ia mengeluhkan kejadian yang dialaminya.


Pada awal cuitannya, ia mempertanyakan tagihan tak wajar tersebut. Lantaran daya listrik di rumahnya hanya sebesar 900 watt, namun tiba-tiba ketika ditagih oleh pihak PLN, tagihannya mencapai Rp19 juta. Ia pun mengunggah lembaran tagihan itu.

Meski sudah mencoba menghubungi pihak PLN untuk protes, ia mengaku tetap diharuskan untuk membayar. Namun hanya diberikan keringanan berupa cicilan.


“GILA NIH, UDAH PERNAH PROTES MALAH SOLUSI CUMA TETAP BAYAR TAPI NYICIL! HEI!!!! @pln_123 GIMANA NIH???,” cuitnya.

Selama ini ia mengaku tak pernah menunggak tagihan listrik sekalipun. Ia keheranan ketika melihat nominal pada kertas tagihan dari PLN yang melonjak tersebut. Lantaran biasanya biaya tagihan normal listrik di rumahnya hanya sebesar Rp40 ribu.

“HALO BAPAK @jokowi, TAGIHAN LISTRIK SAYA MENCAPAI JUMLAH YANG TIDAK WAJAR. 19 JUTA PADAHAL TIDAK PERNAH MENUNGGAK SEKALIPUN!!! @pln_123 NGGA MEMBERI SOLUSI YANG BAIK!!! APA-APAAN!!!,” ujarnya.

“YANG NANYA BUKTI, NIH AKU ZOOM. BUKTI TAGIHAN LISTRIK BULAN INI. WAAHHH @pln_123, PADAHAL TAGIHAN NORMAL 400K DAN LISTRIK 900WATT LOH ITU~,” sambungnya.

Ia meyakini bahwa permasalahan ini sepenuhnya ada di kesalahan pegawai perusahaan listrik plat merah tersebut.

“TOLONG YA @pln_123 KALAU PIHAK KAMI SAMPERIN NGANA PE KANTOR LANGSUNG RESPOND BAE BAE! JANGAN CUMA NGASIH SOLUSI SURUH BAYAR TAPI CICIL SAMPAI 19 JT. NGANA PIKIR KITA INI BODOH?! KESALAHAN NGANA PE PEGAWAI, TAPI IMBAS RUGI KE RAKYAT LAEN!,” katanya.

Kendati demikian, ia mengatakan, saat ini pihak PLN sudah menghubunginya. Pihak PLN pun beralasan bahwa tagihan tersebut melonjak lantaran terjadi kesalahan selama dua tahun lalu.

Oleh sebab itu, ia tetap diwajibkan untuk membayar besaran nominal tersebut, namun diperbolehkan untuk menyicil. Ia pun menpertanyakan alasan mengapa kasus ini baru diusut sekarang.

“DAN JAWABANNYA SUDAH SAYA DUGA “SALAH CATAT DARI DUA TAHUN LALU”. JADI TETAP YA, KAMI DISURUH BAYAR WALAU NYICIL~,” sambungnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan tetap mengurus kasus ini ke pihak PLN. Ia pun berharap agar masalah tagihan listrik PLN yang melonjak tak wajar ini segera rampung. (CTH)

Sumber :suara.com

0 Response to "Jeritan pengguna PLN, listrik cuma 900 watt tapi ditagih Rp19 juta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close