Beredar Foto Jadul Jokowi, Disebut Saat Temani Pembeli Kayu dari LN


NusaMerdeka ~ Foto lawas atau jadul Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak santai bersama kawannya di kawasan hutan beredar di media sosial. Jokowi muda saat itu disebut sedang menemani pembeli kayu dari luar negeri (LN) di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.
Dua foto lawas yang diunggah di media sosial dan disebut Presiden Jokowi itu diambil di salah satu Tempat Penimbunan Kayu (TPK) di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Cepu.

Salah satu foto menunjukkan Jokowi muda sedang berdiri ngobrol bersama rekan-rekannya di sebuah kawasan hutan jati. Di antara rekan-rekannya tersebut ada seseorang berkumis dan berperawakan agak gemuk, bersandar di depan mobil berwarna merah bernomor polisi K 8238 AE. Pria berkaus dan bercelana jin tersebut diketahui bernama Sisworo.

"Ya benar di dalam foto itu adalah saya, itu foto lama. Dan di depan saya adalah Pak Jokowi sebelum menjadi Wali Kota Solo," kata Sisworo saat dihubungi detikcom, Minggu (23/8/2020).

Sisworo saat ini merupakan mantan pengurus Paguyuban Lembaga Masyarakat Tengah Hutan (LMDH) se-KPH Cepu. Sisworo mengingat, foto tersebut diambil ketika Jokowi tengah mendapatkan order atau pesanan kayu jati dari luar negeri. Saat itu Jokowi tengah mengajak pembeli untuk melihat sumber kayu berasal.

"Pak Jokowi waktu itu punya perusahaan mebel di Solo. Ada pembeli dari luar negeri diajak melihat sumber kayu berasal, terus diajak ke Blora," ungkap Sisworo.

"Saat itu Perhutani KPH Cepu menjadi salah satu KPH yang sudah mendapatkan sertifikasi CoC atau sertifikat lacak balak. Sertifikat tersebut salah satu syarat dalam perdagangan ekspor-impor. Dan kualitas kayu Jati Blora adalah yang terbaik dan tidak usah diragukan lagi kualitasnya," sambung Sisworo.

Sisworo menjelaskan, saat Jokowi masih aktif menggeluti usaha mebel, tidak hanya sekali saja Jokowi berkunjung ke Blora untuk memesan bahan baku kayu jati.

"Dulu sering datang ke Blora untuk mencari bahan baku kayu Jati. Sedangkan foto (foto jadul Jokowi) itu diambil di TPK Pasar Sore, masuk wilayah Perhutani KPH Cepu," tuturnya.

Dihubungi terpisah, mantan Ketua Paguyuban LMDH Perhutani KPH Cepu, Siswoto mengamini salah satu sosok di dalam foto tersebut adalah Sisworo.

"Betul itu adalah Pak Sisworo. Dulu memang perawakannya agak gemuk persis seperti di foto," kata Siswoto.

Siswoto menjelaskan, pengurus Paguyuban LMDH Cepu, di periode 2011-2015 dirinya terpilih sebagai ketua dan posisi wakil adalah Sisworo.

"Saya ketuanya dan wakil saya adalah Pak Sisworo, orang yang ada dalam foto itu," ujar Siswoto.

Diberitakan sebelumnya, beredar dua foto lawas yang disebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media sosial. Sosok Jokowi muda itu tampak santai bersama kawannya di kawasan hutan.

Foto itu mulanya diunggah akun Pandu N di Facebook. Akun Pandu menyertakan dua foto lawas di tautan itu, masing-masing dengan keterangan foto diambil sekitar tahun 1999.

"CAKRA MANGGILINGAN, ROTATING WHEEL, RODA TU BERPUTAR. Sekitar tahun 1999, disalah satu kawasan hutan di daerah Blora. Saya tidak mengatakan bahwa orang ini hebat, saya tidak mengatakan orang ini luar biasa, saya tidak memuji-muji orang ini, saya hanya mau bilang roda itu berputar. Lihatlah orang ini 20 tahun yang lalu, bandingkan dengan sekarang," tulis @Pandu N dalam berandanya seperti dikutip detikcom, Jumat (21/8).

Foto pertama menampilkan Jokowi sedang menduduki batang pohon jati besar sambil memegang minuman di tangan kanannya. Jokowi tampak memakai kemeja lengan panjang yang digulung warna biru.

"Dari matanya terlihat kalau ia sangat pintar dan penuh gairah hidup," tulis keterangan dalam foto itu.

Foto kedua menampilkan Jokowi sedang berdiri ngobrol bersama rekan-rekannya di sebuah kawasan hutan jati. Tampak satu unit mobil merah pabrikan Jepang di belakang mereka.

"Sekitar pertengahan 1999," tulis keterangan dalam foto itu.

Banyak netizen menerka jika foto itu diambil di salah satu tempat penimbunan kayu (TPK) Perhutani di Kabupaten Blora. Hal itu dikuatkan dengan potret mobil berpelat nomor polisi K 8238 AE, di mana nopol K merupakan nopol di Kabupaten Blora.

Posting-an tersebut kemudian di-repost akun Instagram @bloraupdate dan menjadi viral.

"Pengusaha mebel semenjak muda. Sering belanja kayu jati kualitas A (terbaik didunia) di Blora tepatnya di TPK Cabak, Pasar sore, Cepu, Randublatung. Bahkan kadang menjelajah mencari bahan produksi ke desa-desa. Ada yang kenal beliau?" tulis keterangan di akun IG @bloraupdate.

Unggahan ini kembali menuai respons netizen. Banyak yang mengaku tak menyangka Jokowi kini menjadi Presiden RI.

"Kok iso ya, biyen bapak blonjo kayu jati ng Blora. Terus sakiki mimpin RI, gawe terharu yakin. Susah dijelaskan. (Kok bisa ya, dulu bapak belanja kayu jati di Blora. Terus sekarang memimpin RI, buat terharu yakin. Susah dijelaskan)," tulis @budi.buday_21

"Beliau yang kini memimpin negeri ini" tulis @eko.d.saputro

"Pak Jokowi," tulis @ai.syah683.

Sementara itu, Waka Adminstratur (Adm) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Perhutani Cepu Andri Syalendra mengatakan foto-foto tersebut juga beredar di kalangan alumni Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM). Kebetulan, Andri juga merupakan alumnus Fakultas Kehutanan UGM.

"Foto tersebut betul kalau itu adalah Pak Jokowi. Kebetulan saya juga alumni UGM, dan fotonya banyak beredar di kalangan alumni," kata Andri saat dihubungi detikcom, Jumat (21/8).

Sumber :detik.com

0 Response to "Beredar Foto Jadul Jokowi, Disebut Saat Temani Pembeli Kayu dari LN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close