Ada Hal Janggal di Minibus Elf Korban Kecelakaan Tol Cipali, Pemilik Travel Bisa Jadi Tersangka



NusaMerdeka ~  Total delapan penumpang mobil Isuzu Elf berpelat nomor D 7013 AN tew*s setelah menabrak mobil Toyota Rush di KM 184 Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) pada Senin (10/8/2020) dinihari.

Sopir yang diduga mengantuk kehilangan kendali kendaraan hingga akhirnya oleng dan masuk jalur yang berlawanan arah.

Baru-baru ini pihak kepolisian menemukan keanehan pada mobil Isuzu Elf tersebut.

Dikutip dari TribunJabar.id, Selasa (11/8/2020), temuan baru ini bisa menjadikan pemilik usaha travel mobil Isuzu Elf itu sebagai tersangka.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan pelat nomor mobil Isuzu Elf seharusnya tidak berwarna hitam.

Berhubung mobil yang bersangkutan digunakan untuk mengangkut penumpang, semestinya pelat nomor itu berwarna kuning.

"Patut diduga mengarah ke sana (travel bodong), tapi memang harus dipastikan lagi," kata M Syahduddi saat ditemui di RS Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa (11/8/2020).

Berdasarkan keterangan yang diperoleh oleh pihak kepolisian, mobil Elf tersebut mengangkut penumpang di mulai dari Cipinang, Jatiasih, Tanahabang, hingga Cikarang kemudian memasuki Tol Cipali.

Syahduddi mengatakan tak menutup kemungkinan pemilik travel mobil elf itu bisa dijadikan sebagai tersangka.

Jika merujuk Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, pengemudi mobil Elf bisa ditetapkan sebagai tersangka sesuai Pasal 310.

Kemudian apabila ditemukan adanya keterlibatan pengusaha angkutan, pemilik travel bisa jadi tersangka berdasarkan Pasal 305 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Siapapun bisa (jadi tersangka), karena memang fakta yang kami temukan di lapangan seperti itu," kata M Syahduddi.

Sopir Oleng Masuk Jalur Lawan Arah

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan tak terhindarkan ketika sebuah minibus Isuzu Elf oleng ke kanan dan memasuki jalur yang berlawanan arah.

Mobil travel berpelat nomor D 7013 AN itu menghantam bagian depan mobil Toyota Rush yang melaju dari arah berlawanan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/8/2020).

Sementara ini polisi menyimpulkan dua dugaan sementara penyebab terjadinya kecelakaan yang merenggut delapan korban jiwa itu.

Dikutip dari TribunCirebon.com, Senin (10/8/2020), diketahui minibus travel tersebut mengangkut 16 penumpang sedangkan Toyota Rush membawa delapan penumpang.

Delapan orang yang tew*s akibat kecelakaan itu seluruhnya berasal dari penumpang minibus travel.

Sedangkan penumpang mobil Toyota Rush berpelat nomor B 2918 PKL itu berhasil selamat namun tetap mengalami luka-luka.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Rudy Sufahriadi sementara ini menyimpulkan dua dugaan penyebab terjadinya kecelakaan di Kilometer 184 Tol Cipali itu.

Kemungkinan pertama adalah sopir Isuzu Elf yang mengantuk kehilangan konsentrasi sehingga mulai oleng ke arah kanan hingga akhirnya memasuki jalur lawan arah.

Sedangkan kemungkinan kedua adalah sopir Isuzu Elf tersebut membawa mobil secara ugal-ugalan dengan kecepatan tinggi yang melebihi batas maksimum.

"Kendaraannya tidak terkendali, jadi dua kemungkinan itu dugaan sementaranya," kata Rudy Sufahriadi saat ditemui di RSUD Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Senin (10/8/2020).

Seluruh korban kecelakaan yang mengalami luka-luka kini telah dievakuasi di RS Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon.

"Korban meninggal dunia juga sudah dievakuasi ke RSUD Arjawinangun, termasuk kendaraannya juga sudah diamankan," ujar Rudy Sufahriadi.

Mobil Sempat Terguling

Dikutip dari Kompas.com, Senin (10/8/2020), kecelakaan terjadi di Kilometer 184 ruas Tol Cipali, Kabupaten Cirebon.

Kecalakaan diketahui terjadi pada dini hari sekira pukul 03.30 WIB.

Awalnya mobil travel Isuzu Elf melaju dari arah Jakarta ke Cirebon.

Lalu memasuki Kilometer 184 ruas Tol Cipali, mobil travel tersebut oleng dan masuk ke jalur berlawanan arah yang berada di sisi kanannya.

Di jalur kanan itu melaju juga mobil Toyota Rush sehingga keduanya saling bertabrakan.

"Kendaraan Elf dari Jakarta menuju Cirebon penumpang 16 orang termasuk sopir dan kondektur. Delapan orang meninggal dunia, 8 lainnya luka-luka," kata Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi kepada Kompas.com di Rumah Sakit Arjawinangun, Senin.

Dikutip dari TribunJabar.id, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi mengatakan bahwa minibus Isuzu Elf sempat terguling setelah menghantam mobil Toyota Rush.

"Peristiwa bermula saat Isuzu Elf melaju dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah," ujar M Syahduddi melalui pesan singkatnya, Senin (10/8/2020) pagi.

"Isuzu Elf itu menabrak bagian depan Toyota Rush kemudian terguling," kata M Syahduddi.

"Dua kendaraan yang terlibat kecelakaan juga sudah dievakuasi sehingga arus kendaraan lokasi kejadian sudah normal dan lancar," lanjutnya.

Sumber :tribunnews.com

0 Response to "Ada Hal Janggal di Minibus Elf Korban Kecelakaan Tol Cipali, Pemilik Travel Bisa Jadi Tersangka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close