Ingat Pedagang Bakso yang Viral Ludahi Mangkuk Pembeli Ngaku Biar Laris? Begini Nasibnya Sekarang


NusaMerdeka ~  Masih ingat pedagang bakso cuanki yang berinisial WS pemuda berusia 21 tahun?

Beberapa waktu lalu, WS viral di media sosial setelah video menjijikannya ditonton banyak orang.

Pemuda yang merupakan pedagang bakso cuanki ini sontak mengangetkan pembelinya saat ketahuan meludahi dagangannya.

Sebelum diberikan ke pembeli, WS terekam CCTV meludahi mangkok bakso berisi dagangannya tersebut.

Peristiwa tersebut terjadi di Komplek Unilever RT 006/RW009 Nomor 50 Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (22/6/2020).

Dilansir dari Kompas.com, setelah video itu viral, polisi langsung menyelidiki kasus tersebut dan mencari WS.

WS pun ditangkap dan dimintai keterangan di Polsek Kembangan pada Kamis (25/6/2020).

Meski sempat melepas, polisi kembali memanggil WS untuk mendalami pemeriksaan pada Jumat (26/6/2020).

Hal itu karena, WS mengakui dirinya memang meludahi mangkuk bakso tersebut.

"Awalnya kan dia cerita cuma mencium doang. Terus kita dalami lagi, CCTV kita periksa lagi, ternyata dia mengaku (meludah). Sekarang kita periksa mendalam lagi di Polsek," ujar Kapolsek Kembangan Kompol Imam Irawan di Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Sudah seminggu

WS mengaku dagangan baksonya akan laris jika ia meludahi isi mangkuk bakso yang disajikan ke pelanggan.

Hal itu diungkapkan Imam berdasarkan hasil introgasi terhadap WS.

"Adapun tujuan pelaku untuk mendapatkan penglaris atau laku saat berjualan bakso," kata Imam saat dihubungi via WhatsApp, Jumat.

Kepada polisi, WS mengaku bahwa cara meludahi didapat dari seorang guru spiritual atau dukun berinisal J yang berada di Singaparna, Garut, Jawa Barat.

Dalam ajarannya, J meminta WS untuk mengikuti cara menjijikkan tersebut jika ingin dagangannya laris.

"Pelaku meludahi mangkuk bakso tersebut sesuai dengan ajaran yang dipelajari pelaku dari gurunya pada saat berada di kampungnya daerah Garut Singaparna,"

"Kurang lebih satu minggu yang lalu, amalan tersebut dilaksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung," kata Imam.

Nasib WS

Terkait kasus ini Polsek Kembangan sudah melaporkan ke Polres Metro Jakarta Barat.

WS disebut akan menjalani pembinaan. Sebab, hingga saat ini korban belum juga melapor ke pihak kepolisian.

"Iya nanti kami lagi mau gelarin dulu di tingkat Polres gimana. Kalau prediksi, kami lakukan pembinaan saja, enggak ada korban enggak ada pelapor hanya merespons situasi viral saja," kata Imam.

Videonya viral

Diberitakan sebelumnya, perbuatan tukang bakso cuanki yang diduga meludahi bakso racikannya viral di media sosial.

Dalam postingan yang dibagikan oleh akun instagram @manaberita, Selasa (23/6/2020), peristiwa ini terjadi di Jakarta Barat pada hari Senin (22/6/2020) sekitar pukul 17.59 WIB.

Dalam rekaman video berdurasi 34 detik itu, terlihat pedagang berjenis kelamin pria sedang menyiapkan bakso pesanan pembeli.

Mangkuk berisi bakso tersebut kemudian diletakkan di atas meja dagang.

Tangan pria ini kemudiaan menaburkan sesuatu ke mangkuk lainnya.

Tak lama usai melirik kanan kiri untuk melihat lingkungan di sekitar, pedagang ini pun mengambil mangkuk dan mengarahkan mangkuk itu ke mulutnya.

Beli cuanki untuk anaknya

Hikma, pembeli bakso cuanki itu menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Senin (22/6/2020) jelang adzan Magrib.

Saat itu, dia memesan satu porsi bakso cuanki untuk anak balitanya.

Dikatakannya, dia mengetahui tindakan menjijikan pedagang itu saat itu juga lantaran dia melihat monitor CCTV yang dinyalakan di ruang tamu rumahnya. Adapun CCTV terpasang di teras rumahnya.

"Jadi pas saya pesen itu, saya tunggu di luar abangnya enggak langsung bikin. Akhirnya karena saya masuk dan TV ini kan emang selalu nyala. Saya lihatin dari TV ini kok ada yang aneh, dia kayak ngeludah di mangkuknya," kata Hikma.

Kendati sudah tahu ada hal aneh yang dilakukan pedagang, Hikma tak berani menegurnya.

Dia tetap membayar seporsi bakso itu. Namun, setelah pedagang bakso cuanki keliling itu pergi, baksonya pun langsung dibuang.

"Saya takut mau negur, apalagi suami saya juga belum pulang. Makanya saya tetap bayar, tapi habis itu saya buang," ucapnya.

Tak Tahu Bakal Viral

Hikma tak menyangka videonya itu bakal viral di media sosial.

Hikma bercerita awalnya dia hanya membagikan video rekaman CCTV yang merekam aksi pedagang itu kepada grup warga agar lebih berhati-hati saat membeli sesuatu.

Dikatakannya bahwa yang memviralkan video tersebut adalah salah satu tetangganya.

"Orang yang viralinnya juga sudah minta maaf ke saya, enggak tahu kalau ternyata bakalan viral dan banyak yang pada nanya kronologi kejadian itu ke saya," kata Hikma.

Hikma sendiri enggan berspekulasi tentang apa yang dilakukan pedagang tersebut hingga tega diduga meludahi bakso yang dipesannya.

Tak terlihat jualan lagi

Setelah jadi omongan warga dan viral di media sosial, WS tak terlihat jualan lagi di sekitar Perumahan Unilever, Meruya Selatan, Jakarta Barat.

"Itu kan kejadiannya hari Senin pas mau Magrib. Tapi udah sejak Selasa dia udah enggak pernah lewat lagi," kata Hikma.

Hikma sendiri mengaku tak mengenal pedagang tersebut.

"Saya juga baru sekali beli sama dia. Kata tetangga sih udah sering lewat jualan kalau malam, tapi enggak tahu orang mana," ujarnya.

(TribunJakarta/Kompas)

Sumber :tribunnews.com

0 Response to "Ingat Pedagang Bakso yang Viral Ludahi Mangkuk Pembeli Ngaku Biar Laris? Begini Nasibnya Sekarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close