Bertengkar dengan Wartawan, Trump Tiba-tiba Setop Konferensi Pers


NusaMerdeka ~ Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump secara tiba-tiba mengakhiri konferensi pers (konpers) soal perkembangan upaya memerangi virus Corona (COVID-19) setelah terlibat pertengkaran dengan seorang wartawan keturunan Asia-Amerika.
Seperti dilansir AFP, Selasa (12/5/2020), insiden ini berawal saat wartawan CBS News bernama Wejia Jiang menanyakan kepada Trump soal mengapa dia bersikeras menyatakan AS melakukan hal lebih baik dari negara lain saat membahas tes Corona.

"Mengapa itu penting?" tanya Jiang dalam konferensi pers yang digelar outdoor di Rose Garden, Gedung Putih, Washington DC. "Mengapa ini menjadi kompetisi global ketika, setiap hari, warga Amerika kehilangan nyawa mereka?" tanyanya lagi.

Trump pun menjawab Jiang: "Mereka kehilangan nyawa mereka di mana saja di dunia."

"Dan mungkin itu pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada China. Jangan tanya saya, tanyakan pertanyaan itu kepada China, OK?" imbuh Trump.

Jiang yang mengidentifikasi dirinya di bio Twitternya sebagai 'warga West Virginia kelahiran China', mendesak Trump soal maksud pernyataannya itu.

"Pak, mengapa Anda mengatakan itu kepada saya secara khusus?" tanya Jiang, sembari mengisyaratkan itu karena rasnya.

Trump menjawab: "Saya mengatakan itu kepada siapa saya yang akan menanyakan pertanyaan jahat seperti itu."

Trump kemudian berusaha mengalihkan pertanyaan kepada wartawan lainnya saat Jiang terus menekan Trump soal tanggapannya itu. Trump memanggil seorang wartawan wanita lainnya, tapi kemudian segera memanggil orang lain. Ketika wartawan itu hendak menyampaikan pertanyaan, Trump tiba-tiba mengakhiri konferensi pers dan bergegas berjalan masuk kembali ke dalam Gedung Putih.

Insiden ini menarik perhatian pengguna media sosial (medsos) dan dengan cepat para pengguna medsos menggaungkan tagar berbunyi #StandWithWeijiaJiang via Twitter. "Saya #StandWithWeijiaJiang melawan kemarahan Trump yang rasis," tulis aktor 'Star Trek' dan aktivis Asia-Amerika terkemuka, George Takei.

Wartawan dan analis politik CNN, April Ryan, yang juga pernah bertengkar dengan Trump saat konferensi pers, turut memberikan komentar. "Selamat datang di klub! Ini memuakkan! Ini kebiasaan dia (Trump-red)!" tulis Ryan.

Trump yang tidak pernah sungkan menunjukkan ketidaksukaannya pada media, seringkali terlibat adu mulut dan bersitegang dengan wartawan saat konferensi pers.

Sumber :detik.com

0 Response to "Bertengkar dengan Wartawan, Trump Tiba-tiba Setop Konferensi Pers"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close