Media Korut Publikasikan Surat Kim Jong-un kepada Presiden Afsel Bertanggal 27 April


NusaMerdeka ~ Media pemerintah Korea Utara, KCNA, kemarin mempublikasikan sebuah surat dari pemimpin Korut Kim Jong-un kepada Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa berisi ucapan selamat untuk Hari Kebebasan.

Dikutip dari laman CNN, Senin (27/4), surat itu tertanggal 27 April 2020, sebagaimana dilaporkan KCNA. Hal itu kian menambah rangkaian spekulasi mengenai kondisi kesehatan Kim setelah dia absen dalam hari peringatan kelahiran kakeknya, pendiri Korut pda 15 April lalu.

CNN tidak bisa memastikan kebenaran surat itu secara independen. Berbagai laporan mengenai kondisi kesehatan Kim Jong-un beredar dalam sepekan terakhir.

Dalam suratnya kepada Ramaphosa, Kim menyampaikan keyakinannya akan persahabatan kedua negara yang abadi dan terus berkembang sebagai ekspresi Hari Kebebasan, hari libur nasional yang diperingati di Afrika Selatan kemarin.

Dua hari lalu penasihat kepresidenan Korea Selatan Moon Chung-in mengatakan kepada CNN, pemimpin Korut itu "masih hidup dan sehat" meski berbagai spekulasi tentang kondisinya beredar. Moon menuturkan, Kim berada di Wonsan, pesisir timur Korut, sejak 13 April seraya mengatakan,"sejauh ini tidak ada pergerakan mencurigakan yang terpantau."

Masih di Ahad lalu, koran Korea Utara Rodong Sinmun mengatakan Kim menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pekerja yang ikut membangun kota Samjiyon di Korut.

Media Korea Selatan mengutip sumber menyebut Kim Jong-un tidak meninggal atau dalam kondisi kritis setelah operasi jantung. Dia sedang berada di lokasi wisata pantai terkenal di Korut.

Dikutip dari laman 7News, Senin (27/4), media lokal melaporkan, Kim terlihat berjalan-jalan di sekitar pelabuhan dan mengawasi lokasi wisata di tempat itu.

Menurut kantor berita Korea Ichannela, Kim pergi dari Pyongyang karena beberapa pejabat di lingkaran dekatnya dites positif corona.

Kabar ini muncul setelah spekulasi keberadaan Kim dan kondisi kesehatannya beredar dalam beberapa hari terakhir.

Sementara itu pembelot Korut dan aktivis Park Yeon-mi mengklaim sumbernya mengatakan Kim Jong-un tidak meninggal, sakit, atau dalam kondisi kritis. Kim dilaporkan sedang bersembunyi karena takut tertular virus corona. [pan]

Sumber :merdeka.com

0 Response to "Media Korut Publikasikan Surat Kim Jong-un kepada Presiden Afsel Bertanggal 27 April"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close