Fenomena Munculnya Ratusan Cacing Tanah di Solo yang Bikin Merinding


NusaMerdeka ~ Kemunculan ratusan cacing tanah di kawasan Pasar Gede Solo membuat warga kaget. Jumlahnya sangat banyak dan menyebar hingga jalur pejalan kaki di Jalan Urip Sumoharjo.
Petugas kebersihan kemudian langsung membersihkan caing-cacing itu, kemarin. Salah seorang petugas kebersihan, Marsono mengungkap dia memungut cacing hingga satu ember.

Dia menduga cacing tanah muncul dari taman yang ada di sekitar lokasi. Sebab, saat dia membersihkan taman, masih muncul beberapa cacing dari dalam tanah.

"Itu ada ratusan mungkin. Kalau dijadikan satu bisa satu ember. Langsung saya sapu sampai bersih, soalnya kan sini buat jualan," kata pedagang bakso di sekitar lokasi, Marsono kepada wartawan, Sabtu (18/4).

Diwawancara terpisah, pakar Lingkungan Hidup Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prabang Setyono, menegaskan kemunculan cacing-cacing itu bukan dari disinfektan yang belakangan disemprot di berbagai sudut wilayah gegara pandemi virus Corona atau COVID-19.

"Kecuali kalau disinfektan disemprot di satu titik dengan jumlah besar mungkin langsung keluar. Tapi ini kejadiannya di berbagai tempat, jadi saya kira bukan," kata Prabang kepada wartawan, kemarin.

Menurutnya, cacing akan keluar dari tanah secara alami jika ada perubahan kondisi tanah secara drastis. Dia menyebut peristiwa kali ini berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Dia justru melihat peristiwa itu logis jika dihubungkan dengan fenomena banyaknya gunung berapi yang aktif secara bersamaan. Namun. dia mengaku belum melakukan penelitian mendalam.

Sumber :detik.com

0 Response to "Fenomena Munculnya Ratusan Cacing Tanah di Solo yang Bikin Merinding"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close