Pernyataan Lengkap Pemerintah Terkait Update Corona 28 Maret 2020


NusaMerdeka ~  Pemerintah kembali memperbarui data terkait virus Corona atau COVID-19 di Indonesia. Tercatat, hingga hari ini 1.115 orang dinyatakan positif Corona dengan pasien meninggal dunia sebanyak 102 orang.
"Pada hari ini telah terkonfirmasi dari tanggal 27 Maret pukul 12.00 WIB sampai 28 Maret pukul 12.00 WIB sebagai berikut. Kasus positif bertambah sebanyak 109 kasus sehingga total menjadi 1.155 kasus. Kemudian pasien yang sudah sembuh dan diizinkan pulang bertambah 13 orang sehingga total menjadi 59 orang," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto dalam siaran teleconference di akun YouTube BNPB, Sabtu (28/3/2020).

"Kemudian dilaporkan kasus kematian pada periode ini sebanyak 15 orang sehingga total kematian menjadi 102 orang," sambungnya.

Pada kesempatan ini, Yuri kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk pentingnya menjaga kebersihan dengan selalu rutin mencuci tangan. Menurut Yuri, sejauh ini data menunjukkan penularan virus Corona terjadi melalui interaksi lewat tangan.

"Ada satu kunci yang paling penting yang harus kita lakukan di samping menjaga jarak dalam kaitan interaksi sosial, yakni mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh mulut, sebelum menyentuh hidung, sebelum menyentuh mata. Karena data menunjukkan penularan yang paling banyak justru karena perantara tangan," jelas Yuri.

Berikut pernyataan lengkap yang disampaikan Yuri pada hari ini:

Hari ini saya akan melaporkan beberapa hal yang terkait upaya kita melaksanakan pencegahan dan pengendalian penyakit Covid-19 yang secara sistematis sudah kita laksanakan dari hari ke hari. Yang pertama saya kembali mengingatkan terkait beberapa kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah di dalam kaitan penanganan covid-19 ini.

Pertama, kita harus menyadari betul bahwa fondasi keseluruhan sistem pencegahan dan pengendalian sistem ini terletak pada komunitas, bagaimana masyarakat bisa berperan aktif di dalam konteks untuk memutuskan mata rantai penularan yang terjadi di masyarakat.

Oleh karena itu pencarian kasus positif di tengah masyarakat melalui penelusuran atau tracing yang kita lakukan dengan kasus positif yang dirawat di rumah sakit menjadi penting. Oleh karena itu maka upaya untuk melakukan tracing ini akan kita perkuat dengan melakukan penelusuran dan melaksanakan screening untuk melihat kemungkinan kontak dekat yang ada di sekitarnya yang positif. Ini yang menjadi penting di dalam kaitan pelaksanaan tracing.

Kemudian yang kedua melaksanakan perawatan bagi kasus positif yang kita temukan atau kasus diduga positif yang kita temukan, baik perawatan itu dilaksanakan secara mandiri, yaitu isolasi diri maupun isolasi di rumah sakit. Oleh karena itu protokol isolasi diri di rumah menjadi penting betul-betul dipahami oleh masyarakat karena dengan isolasi diri yang baik maka kita akan memberikan jaminan tidak ada penularan lebih lanjut di lingkungan keluarga.

Oleh karena itu maka tinggal di rumah, tetap di rumah, tidak pergi keluar, menjauhi kerumunan, menghindari pertemuan-pertemuan yang cukup banyak ini menjadi upaya-upaya yang berkaitan dengan isolasi diri. Tinggal di rumah, gunakan masker, jarak antara anggota keluarga yang lain tidak boleh kurang dari satu atau satu setengah meter. Kemudian aktifitas makan menggunakan alat yang tersendiri. Dan tidak makan bersama-sama pada satu waktu yang sama dan tempat yang sama dengan keluarga yang sehat. Ini adalah bagian dari isolasi diri. Di samping bagi siapapun yang melakukan isolasi diri wajib melakukan monitoring diri. Artinya, segera amati kondisi tubuhnya, apabila panas, apabila menjadi semakin batuk, apabila kemudian disertai dengan sesak maka segera hubungi layanan kesehatan yang terdekat.

Apabila isolasi diri tidak mampu dilaksanakan, maka harus dilakukan isolasi rumah sakit. Rumah Sakit yang berada di sekitar kita sekalian sudah ada yang disiapkan untuk menjadi rumah sakit perawatan Covid-19. Oleh karena itu ada indikasi-indikasi tertentu yang berkaitan perawatan di rumah sakit. Yaitu yang tidak mampu merawat diri di rumah agau adanya komplikasi atau adanya penyulit, ata adanya penyakit-penyakit kronis lain yang mendahului ini akan menjadi penting dilakukan rawatan secara intensif. Ini lah sebabnya kita menyiapkan banyak rumah sakit dan banyak rumah sakit yang berpartisipasi, bukan hanya rumah sakit pemerintah, bukan hanya rumah sakit TNI Polri, rumah sakit BUMN, tetapi rumah sakit swasta pun banyak yang mendedikasikan untuk merawat COVID 19. Ini yang menjadi penting.

Di dalam kaitan dengan menyiapkan kondisi rumah sakit, sudah barang tentu peralatan, dalam hal ini APD menjadi bagian penting bagi tenaga kesehatan yang melaksanakan kegiatan rawatan. Kita akan berusaha sepenuhnya untuk kemudian memenuhi, mematuhi dan melengkapi penggunaan APD ini.Sudah barang tentu ada SOP-SOP standar siapa yang harus mengenakan APD, siapa yang tidak perlu menggunakan APD. Ini menjadi penting.

Oleh karena itu saudara-saudara sekalian maka basis fondasi yang paling kuat adalah bagaimana mengimplementasikan pola hidup bersih dan sehat di dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada satu kunci penting yang harus kita lakukan di samping menjaga jarak dalam interaksi sosial adalah mencuci tangan. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh mulut, sebelum menyentuh hidung, sebelum menyentuh mata. Karena data menunjukkan penularan yang paling banyak justru karena perantara tangan.

Mencuci tangan dengan sabun sehingga tidak ada alasan bahwa harus menggunakan hand sanitizer, tidak, dengan sabun sudah sangat efektif pada air yang mengalir. Ini yang diharapkan bisa dilakukan. Oleh karena itu kita tetap di rumah, produktif dari rumah, bisa bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan beribadah dari rumah. Manakala kemudian mendapatkan informasi atau membutuhkan berita yang lebih penting dan aktual terkait virus covid ini, ada beberapa call center yang bisa dihubungi salah satunya adalah 119 dengan extension 9117 halo kemkes, dan beberapa aplikasi online seperti halodoc, gojek, bukalapak. Manfaatkan ini sebaik-baiknya sehingga diharapkan kita mampu memiliki pengetahuan yang benar dan akurat, serta kita tidak perlu khawatir lagi secara berlebihan.

Saudara-saudara sekalian pada berikutnya kami akan menyampaikan perkembangan data dari layanan rawatan di rumah sakit dengan kasus-kasus yang konfirmasi positif. Pada hari ini telah terkonfirmasi dari tanggal 27 Maret pukul 12.00 sampai 28 Maret pukul 12.00 sebagai berikut. Kasus positif bertambah sebanyak 109 kasus sehingga total menjadi 1155 kasus. Kemudian pasien yang sudah sembuh dan diizinkan pulang bertambah 13 orang sehingga total menjadi 59 orang. Kemudian dilaporkan kasus kematian pada periode ini sebanyak 15 orang sehingga total kematian menjadi 102 orang.

Oleh karena itu kita masih memprihatinkan kondisi ini karena terbukti bahwa penularan masih terjadi bahwa kasus positif masih berada di tengah tengah masyarakat bahwa kontak dekat masih terjadi bahwa kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun masih belum dimaksimalkan.

Oleh karena itu harapan kita mari bersama-sama yang pertama jaga jarak kontak fisik dengan siapapun bukan hanya di kantor, di luar tetapi juga di rumah. Kemudian yang kedua. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum makan, sebelum minum, sebelum menyentuh wadah, sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata. Ini menjadi penting karena inilah yang menjadi kunci penukaran secara tidak langsung yang sering terjadi dan kita hadapi.

Kemudian yang berikutnya tetap produktif di rumah, saling melindungi, lindungilah yang sakit agar dia bisa melaksanakan masa isolasi diri dengan maksimal. Lindungilah yang sehat agar tidak terkena penyakit ini. Kita berkomitmen bersama mari yang sehat dijaga tetap sehat, yang mulai sakit-sakitan kita jaga supaya segera dia bisa kita sembuhkan dan tidak menularkan ke orang lain kemudian yang betul betul sakit di rumah sakit mari kita doakan, kita jaga dan kita kemudian layani sebaik-baiknya agar bisa sembuh seperti sediakala.

Kita harus bekerja bersama ini masalah kita bersama. Membutuhkan peran aktif semuanya. Ini yang akan saya sampaikan pada hari ini beberapa hal. Mudah-mudahan kita bisa menghadapi situasi yang sulit ini bersama-sama. Yakinlah bahwa pemerintah akan bekerja sungguh-sungguh, bekerja dengan sepenuh hati untuk bersama-sama masyarakat mengatasi COVID-19 ini. Terima kasih. Selamat sore.

Sumber :detik.com

0 Response to "Pernyataan Lengkap Pemerintah Terkait Update Corona 28 Maret 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close