Lockdown di India Kacau, Denny: Saya Bersyukur Jokowi Menolak Meski Diejek Tidak Tegas


NusaMerdeka ~  India harus menanggung akibat karena memutuskan untuk lockdown tanpa perhitungan yang matang. Ribuan hingga jutaan rakyat miskin di sana nekat melawan pemerintah untuk pulang ke kampung halamannya.

Akibatnya terjadi kekacauan dan banyak kerumunan karena meskipun kendaraan tidak boleh lewat dari penjagaan aparat, mereka nekat berjalan kaki sejauh ratusan kilometer.

Melihat kondisi tersebut, pegiat media sosial Denny Siregar mengaku bersyukur karena tidak terjadi di Indonesia. Sampai saat ini Presiden Joko Widodo memang masih tegas menolak opsi lock down karena dianggap tidak cocok dengan kondisi bangsa.

"Saya bersyukur, meski didesak dari mana2 @jokowi tidak frontal menerapkan konsep lockdown.

Dia berhitung dgn cermat dampak ekonomi dan sosialnya, meski diejek sbg "pemimpin tidak tegas".

Kasus India bisa jadi pelajaran, bgmn lockdown jadi bumerang," kata Denny Siregar dalam akun Twitternya, Minggu (29/3/2020).

Sebelumnya, karena kekacauan yang terjadi, Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengucapkan permohonan maaf kepada jutaan rakyat miskin di India yang terdampak dari kebijakan lockdown ini.

Modi memutuskan untuk melockdown India selama tiga pekan agar memutus rangkaian penularan virus corona di negaranya.

Namun keputusan itu sayangnya tidak diambil dengan matang dan perencanaan yang baik. Akibatnya, jutaan kaum miskin dan buruh migran yang kelaparan dan tidak memiliki pekerjaan, nekat pergi meninggalkan kota besar untuk pulang ke kampung halamannya meski harus berjalan kaki ratusan kilometer.

"Pertama-tama saya ingin mengucapkan permintaan maaf untuk seluruh rakyat India. Rakyat miskin pasti berpikir PM seperti apa saya ini, yang membuat kami mendapat banyak masalah," kata Modi dalam sebuah siaran di radio resmi pemerintah, Minggu (29/3/2020) seperti dilansir dari Reuters.

Namun, kebijakan buruk ini, kata Modi, diambil karena tidak ada pilihan lain. "Langkah yang sudah diambil sejauh ini, akan menyelamatkan kita dari corona," tuntas Modi.

Sumber :netralnews.com

0 Response to "Lockdown di India Kacau, Denny: Saya Bersyukur Jokowi Menolak Meski Diejek Tidak Tegas "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close