Kemenkes: Bungkus Virus Corona Sangat Rapuh Jika Kena Detergen


NusaMerdeka ~ Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Wabah Corona, Achmad Yurianto atau Yuri, meminta masyarakat selalu menjaga kebersihan. Yuri menyebut virus Corona amat rapuh terhadap detergen.

Hal tersebut disampaikan Yuri terkait imbauannya kepada pihak-pihak yang hendak melakukan pemeriksaan. Menurut Yuri, yang pertama kali seseorang lakukan jika takut terkena virus Corona ialah mengisolasi diri.

"Sebelum kita lakukan pemeriksaan secara definitif, secara pasti lakukan self-isolated segera di rumah gunakan masker yang proper upayakan ada social distance jarak setidak-tidaknya semeterlah. Kenapa semeter? Karena kita tahu kemungkinan droplet yang keluar itu sekitar semeter sehingga kita bisa menjaga keluarga," kata Yuri.

Yuri mengimbau orang yang menduga dirinya kena Corona memakai barang-barang sendiri, tidak campur dengan keluarga, termasuk alat makan. Alat makan itu harus dicuci dengan sabun karena, menurutnya, detergen bisa menghancurkan bungkus dari virus Corona.

"Kalau tidur sendiri dulu, yang paling penting tidak berbagi penggunaan alat makan-minum. Pakai alat makan-minum yang terpisah, bukan berarti sekali pakai buang, tidak," jelas Yuri.

"Tapi yakinkan selesai dipakai langsung dicuci dengan sabun karena kita tahu virus ini bungkusnya, envelope-nya, sangat rapuh jika terkena detergen. Dia akan gampang pecah. Kalau pecah, maka virusnya akan mati. Ini yang penting. Detergen apa pun," sebut Yuri.

Yuri meminta masyarakat menjalankan imbauan tersebut. Masyarakat juga diminta melakukan self-monitoring terhadap keluhan-keluhan yang muncul.

(gbr/fjp)

Sumber :detik.com

0 Response to "Kemenkes: Bungkus Virus Corona Sangat Rapuh Jika Kena Detergen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close