Hingga Kemarin Total Ada 27 Kasus Corona di Indonesia, 1 Tak Terlacak Sumber Penularannya


NusaMerdeka ~ Sampai Selasa (10/3/2020) kemarin, pemerintah telah mengumumkan sudah ada 27 kasus positif corona (covid-19) di Indonesia.

Dari seluruh kasus tersebut, pemerintah mengakui ada 1 kasus, yakni kasus dengan nomor kode 27, yang belum terlacak sumber penularannya.

Juru Bicara Penanganan Wabah Virus Corona Achmad Yurianto menerangkan, sampai saat ini pihaknya masih mencari tahu dari mana sumber penularan kasus 27 ini.

Yang bersangkutan tidak berasal dari luar negeri dan belum terlacak apakah berasal dari klaster yang sudah ada sebelumnya.

"Kami menduga (kasus 27) ini local transmission, yang sedang kami tracking dari mana sumbernya, karena bukan impor (imported case) dan tidak jelas bagian dari klaster lain. Sementara belum jelas," ujar Achmad, Selasa (10/3/2020).

Menurut Achmad, saat ini Dinas Kesehatan masih terus melakukan tracing dan mencari tahu apakah memiliki teman yang sakit dan melakukan kontak dekat dalam beberapa hari terakhir.

"Kita juga bertanya apakah ada temannya yang sakit. Yang bersangkutan ini asih belum jelas siapa temannya, tetapi tetap kita akan lakukan [tracing], nanti kita sebut orang-orang yang positif yang pernah akrab atau kontak dekat degan dia," ujar Achmad.

Pasien dengan nomor kode 27 ini merupakan WNI, berjenis kelamin laki-laki dengan usia 33 tahun.

Meski begitu, Achmad memastikan kondisi pasien nomor kode 27 saat ini dalam kondisi stabil.

Jumlah pasien yang positif terinfeksi covid-19 terus bertambah. Hari ini, ada tambahan 8 orang yang diumumkan terinfeksi.

Karena itu, Achmad mengimbau semua pihak, mulai dari orang dalam pantauan hingga orang-orang yang memang sedang sakit baik batuk dan flu menggunakan masker.

Dengan menggunakan masker, saat bersin atau batuk, virus yang ada dalam tubuh tidak menyebar ke pihak lainnya.

Achmad juga mengimbau agar masyrakat menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Sumber :tribunnews.com

0 Response to "Hingga Kemarin Total Ada 27 Kasus Corona di Indonesia, 1 Tak Terlacak Sumber Penularannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close