BREAKING NEWS: Kabar Duka Yanti Noor Istri Chrisye Dikabarkan Meninggal Dunia


NusaMerdeka ~ Kabar duka, Damayanti Noor atau Yanti Noor, istri dari almarhum Chrisye, dikabarkan meninggal dunia hari ini, Sabtu 8 Februari 2020.

Kabar ini disampaikan oleh pengamat musik Stanley Tulung melalui akun Instagramnya yang bernama @stanleytulung.

Stanley Tulung memajang foto Yanti Noor tengah tersenyum memakai hijab warna cokelat muda.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun

Selamat jalan Mba Yanti Noor istri Mas Chrisye," tulis Stanley.

Yanti Noor istri Chrisye meninggal dunia (Instagram @stanleytulung)

Menurut kabar yang beredar, jenazah Yanti Noor masih berada di Cimacan, Cipanas, Jawa Barat.

Jenazah Yanti Noor lalu akan dibawa ke rumah duka di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Nantinya, jenazah akan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, dekat dengan makam Chrisye.

Namun informasi ini masih membutuhkan konfrimasi lebih lanjut.

Dari pantauan TribunStyle.com, unggahan Stanley Tulung tentang kepergian Yanti Noor dipenuhi ucapan duka cita. (TribunStyle.com)

Chrisye (Kolase TribunStyle/cultura/fimela)

4 Fakta Sosok Chrisye yang Tak Banyak Diketahui

Mungkin untuk generasi anak muda jaman now banyak yang tidak mengenal Alm. Chrisye.

Apalagi semasa hidupnya, Chrisye juga jarang muncul dalam dunia hiburan ataupun selebriti.

Namun di baliknya sifat dan kehidupannya yang sangat sederhana, Chrisye dianggap sebagai salah satu legenda musik Indonesia.

Hingga akhir hayatnya, Chrisye telah menerima banyak penghargaan yang menobatkannya sebagai “Indonesian Living Legend”.
Untuk mengenang sosoknya baru-baru ini telah dirilis film biopik berjudul "Chrisye".

Hebatnya, film ini mendapat tangapan postif dari berbagai kalangan saat tayang di Bioskop.

Film yang digarap Rizal Mantovani ini menceritakan tentang kehidupan mendiang sang penyanyi Chrisye.

Walau demikian tak semua sisi kehidupan Chrisye diceritakan dalam film itu.

Berikut fakta-fakta sosok Chrisye:

Tak hanya menceritakan tentang perjalanan karirnya, film ini juga menceritakan sisi manusiawi Chrisye.

1. Berdarah Tionghoa

Bernama lengkap Chrismansyah Rahardi ini dilahirkan dari keluarga Tionghoa-Indonesia di Jakarta, 16 September 1949.

Sejak kecil, Chrisye telah tertarik dengan dunia musik. Sewaktu duduk di bangku SD, Chrisye mulai mendengarkan piringan hitam milik ayahnya; dia bernyanyi mengiringi lagu-lagu Bing Crosby, Frank Sinatra, Nat King Cole, dan Dean Martin. Saat Chrisye duduk di bangku SMA, Beatlemania tiba di Indonesia. Ini membuat Chrisye lebih tertarik dengan dunia musik.

Menganggapi hendak Chrisye untuk bermain musik, ayahnya membeli sebuah gitar; Chrisye memilih gitar bas, sebab dia beranggapan bahwa gitar tersebutlah yang paling mudah dipelajari.

2. Perokok berat

Sewaktu SMA, Chrisye diam-diam mulai merokok. Pada suatu saat dia ditangkap kepala sekolah dan disuruh merokok delapan batang secara bersamaan di depan siswa-siswi lain, tetapi dia tetap terus merokok sehingga menjadi perokok berat.

Kepecayaannnya pada Islam ia pegang hingga akhir hayatnya.

3. Mulai sakit

Pada bulan Juli 2005 dibawa ke Rumah Sakit Pondok Indah karena sesak nafas. Setelah 13 hari dirawat, dia dipindahkan ke Rumah Sakit Mount Elizabeth di Singapura, di mana dia dinyatakan mengidap kanker paru-paru.

Biarpun khawatir bahwa dia akan kehilangan rambutnya yang gondrong, yang dia menganggap sebagai bagian citranya, dia menjalani kemoterapi enam kali, dengan perawatan pertama pada tanggal 2 Agustus 2005.

Dalam sebuah wawancara dengan Kompas pada tahun 1992, Chrisye menyatakan bahwa dia jatuh sakit setiap kali merekam album, sebagai akibat tekanan untuk mempromosi album-album tersebut.

Pada 30 Maret 2007, akibat kanker paru-paru yang dideritanya Chrisye meninggal pada pukul 4:08 WIB di rumahnya di Cipete, Jakarta Selatan. Dia dikebumikan di TPU Jeruk Purut hari itu juga. Ratusan orang menghadiri pemakamannya itu, termasuk Erwin Gutawa, Titiek Puspa, Ahmad Albar, Sophia Latjuba, dan Ikang Fawzi.

4. Penghargaan

Chrisye menerima banyak penghargaan selama kariernya. Pada tahun 1979 dia terpilih sebagai Penyanyi Pria I Kesayangan Angket Siaran ABRI.Album Sabda Alam dan Aku Cinta Dia diberi sertifikasi emas, dan Hip Hip Hura, Resesi, Metropolitan, dan Sendiri disertifikasi perak.

Chrisye menerima tiga BASF Awards, yang diadakan pembuat compact cassette BASF sampai pertengahan tahun 1990-an, untuk album paling laris; yang pertama diterima pada tahun 1984 untuk Sendiri, lalu yang kedua pada tahun 1988 untuk Jumpa Pertama dan yang terakhir pada tahun 1989 untuk Pergilah Kasih.

Dia juga menerima BASF Lifetime Achievement Award pada tahun 1994 untuk sumbangannya ke dunia musik Indonesia; pada tahun yang sama dia menerima penghargaan sebagai Penyanyi Rekaman Terbaik.

Pada tahun 1997 dia menerima penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) untuk Penyanyi Pop Pria Terbaik. Tahun berikutnya, album Kala Cinta Menggoda menang sembilan AMI, termasuk Album Termaik; Chrisye sendiri menerima penghargaan sebagai Penyanyi Pop Pria Terbaik, Penyanyi Rekaman Terbaik, dan Perancang Grafis Terbaik (bersama dengan Gauri).

Pada tahun 2007, setelah dia sudah meninggal, dia menerima penghargaan SCTV Lifetime Achievement Award pertama, yang diterima oleh putrinya Risty.

Seratus hari setelah meninggalnya Chrisye, Musica mengeluarkan dua album kompilasi. Album ini, dengan judul Chrisye in Memoriam – Greatest Hits dan Chrisye in Memoriam – Everlasting Hits, termasuk empat belas lagu per keping dari sepanjang kariernya bersama Musica. (*)

Sumber :tribunnews.com

0 Response to "BREAKING NEWS: Kabar Duka Yanti Noor Istri Chrisye Dikabarkan Meninggal Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close