Prihatin Ria Irawan Dirawat Lagi, Menkes Ibaratkan Kanker Seperti Kepiting


NusaMerdeka ~  Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, mengungkapkan rasa prihatin atas kondisi aktris senior Ria Irawan. Ria yang merupakan survivor kanker kelenjar getah bening tersebut kini berjuang melawan metastase, kondisi kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lainnya.

"Saya tentu sangat prihatin pada Ibu Ria, ternyata mendapatkan (kanker) metastasis yang saya dengar sudah ada di mana-mana," ungkapnya pada detikHealth, saat ditemui di Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta Timur, Minggu (8/9/2019).

Seperti kepiting, kakinya satu dan akan menyebar ke mana-mana.
Nila F Moeloek - Menteri Kesehatan RI

Menkes Nila mengatakan, kanker merupakan suatu penyakit yang bisa bermetastase dan tanpa diketahui sebabnya. Tidak dikenal istilah sembuh 100 persen untuk penyakit ini, yang ada adalah terkontrol dan memiliki peluang bertahan hidup dalam periode tertentu, biasanya dinyatakan dalam 'five years survival rate'.

"Kalau kita tahu karena bakteri, tentu kita akan kasih antibiotik. Kalau karena virus, seperti penyakit HIV-AIDS, Ebola, MERS (Middle East respiratory syndrome), tapi kan belum tentu penyebabnya karena itu kan," jelas Nila.

Berbeda dengan penyakit karena infeksi, kanker tidak selalu bisa diketahui penyebab pastinya. Demikian pula proses penyembuhannya, relatif rumit dibandingkan penyakit lain.

"Seperti kepiting, kakinya satu dan akan menyebar ke mana-mana," tambah Menkes Nila, menggambarkan rumitnya penanganan kanker.

Sumber :detik.com

0 Response to "Prihatin Ria Irawan Dirawat Lagi, Menkes Ibaratkan Kanker Seperti Kepiting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close