Kivlan Zen Dirawat di RSPAD, Menhan: Saya Sudah Minta Dibebaskan Dulu


NusaMerdeka ~ Eks Kepala Staf Kostrad TNI Mayjen (Purn) Kivlan Zen tengah dirawat di RSPAD Gatot Soebroto karena menderita penyakit komplikasi akibat infeksi paru-paru. Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebut sudah meminta agar Kivlan dibebaskan.

"Saya kan sudah minta dibebaskan dulu. Tapi ini katanya politik. Saya itu nggak mau kalau ada main-main politik. Kalau sebagai purnawirawan, ya saya maunya tidak ditangkap," kata Ryamizard di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Meski ada kekurangan, Ryamizard menyatakan Kivlan punya banyak kelebihan. Kivlan, disebut Ryamizard, sudah berpuluh-puluh tahun mengabdi kepada negara.

"Saya tahu ada kekurangan, ada kelebihan. Kelebihannya banyak. Dia (Kivlan) berpuluh tahun sampai pensiun mengabdi kepada negara ini," ungkapnya.

Saat ditanya apakah ada rencana menjenguk Kivlan di rumah sakit, Ryamizard mengaku belum mengetahuinya.

"Nggak tahu saya," ucapnya.

Sebelumnya, Kivlan Zen akan menjalani perawatan selama 12 hari kerja di RSPAD Gatot Soebroto. Eks Kepala Staf Kostrad TNI itu menderita penyakit komplikasi akibat infeksi paru-paru.

Menurut surat keterangan dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat RSPAD Gatot Soebroto, Kivlan didiagnosis menderita sejumlah penyakit. Surat keterangan tersebut diterima detikcom dari kuasa hukum Kivlan, Tonin Tachta, pada Selasa (17/9).

"Yang bersangkutan (Kivlan Zen) saat ini memerlukan perawatan (rawat inap) untuk diagnostik dan terapeutik serta pemeriksaan lanjutan: MRI Kepala Lengkap, Fisioterapi, Konsul Ortopedi di RSPAD Gatot Soebroto karena sakitnya. Proses pemeriksaan dan perawatan kurang lebih 12 hari kerja," tulis surat keterangan tersebut.

Kuasa hukum Kivlan Zen, Tonin Tachta, menyebut kliennya sudah sakit sejak ditahan di Polda Metro Jaya. Namun, kata Tonin, Kivlan tak diizinkan dirawat sehingga penyakitnya makin parah.

"Dari dulu sakitnya, hanya saja di polisi nggak dituntaskan, di kejaksaan juga begitu, nah di pengadilan, berobatlah, berobat hari Jumat kemarin seharusnya harus rawat inap, jaksa sama polisi ngotot nggak boleh, nah tadi dia sudah nggak bisa lagi, paru-paru sudah infeksi gimana, mungkin kalau paru-paru ini sudah komplikasi," ujar Tonin saat dihubungi terpisah.
(azr/jbr)

Sumber :detik.com

0 Response to "Kivlan Zen Dirawat di RSPAD, Menhan: Saya Sudah Minta Dibebaskan Dulu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close