Ini 5 Fakta Viral Siswa SMK Terpaksa Tinggal di UKS Sekolah



NusaMerdeka ~ Seorang siswa berinisial B di Malang, Jawa Timur, terpaksa tinggal di ruangan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) karena tak lagi memiliki tempat tinggal.

Kisah siswa B itu pun segera menjadi viral di media sosial setelah diunggah di akun twitter @dearvioninot milik salah satu gurunya di SMK Widyagama, Kota Malang.

Setelah ditelusuri, siswa B telah berpisah lama dengan orangtuanya, tepatnya sejak rumah kontrakan mereka habis.

Berikut ini fakta kisah hidup salah satu siswa SMK Widyagama, Malang:

1. Berpisah dengan orangtua sejak kelas 9 SMP

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Widyagama Kota Malang Mawan Suliyadi menjelaskan, masalah siswa B baru terungkap pada hari Selasa (3/9/2019) lalu.

Saat itu, salah satu guru melihat B tetap tinggal di sekolahnya meskipun semua teman-temannya sudah pulang ke rumah masing-masing.

Setelah ditanya, B lantas bercerita bahwa dirinya tidak memiliki tempat tinggal.

"Selasa itu dia tidak pulang, kenapa kok tidak pulang ternyata sudah tidak boleh tidur di rumah itu karena ada suatu hal," kata Mawan, Jumat (6/9/2019).

Mawan juga menceritakan, siswa tersebut berpisah dengan orangtuanya sejak masih duduk di kelas 9 SMP.

2. Kontrakan rumah habis, orangtua pergi ke luar kota

Menurut Mawan, masa kontrak rumah yang dia tinggali bersama orangtuanya telah habis. Setelah itu, orangtuanya memutuskan pergi ke luar kota, sedangkan B tetap tinggal di Kota Malang untuk melanjutkan sekolahnya.

Ketika B hidup sebatang kara, B pun lantas bertemu dengan seseorang bernama Pak Angga di sebuah masjid. Pak Angga tersebut memutuskan mengasuh B usai mendengar kisah B.

Setelah lulus SMP, Pak Angga selaku orangtua asuh menyekolahkan siswa tersebut ke SMK Widyagama Kota Malang melalui jalur beasiswa penuh.

3. Sekolah tanggung kebutuhan siswa B

Setelah beberapa waktu tinggal bersama Pak Angga, B harus menerima kenyataan pahit diusir dari rumah setelah terlibat pertengkaran dengan kedua orangtua Pak Angga. Sejak saat itu, anak itu tidak punya tempat tinggal.

"Kemarin yang daftar ke sini oleh bapak asuhnya. Ambil jalur yang beasiswa penuh. Saya pikir dengan beasiswa sudah tidak ada masalah. Ternyata masalah tempat tinggal," kata Mawan.

Mawan menambahkan, untuk seluruh kebutuhan siswa B, sementara akan ditanggung oleh sekolah.

"Sekarang kita cover. Nanti akan ada perundingan lagi. Kalau ke asrama diurus asrama. Tinggal berapa per bulannya nanti," katanya saat ditemui di ruangannya, Jumat (6/9/2019).

Ada pun untuk sekolahnya, siswa tersebut tidak harus bayar. Sebab, siswa itu masuk melalui jalur beasiswa penuh hingga lulus.

4. Tinggal di UKS sekolah

Setelah diusir, B diberi tempat tinggal di ruang UKS. Pihak sekolah masih berupaya untuk memindahkan siswa itu ke Asrama Stikes Widyagama Husada.

"Kami sudah konfirmasi. Bertahap nanti pindah ke asrama," jelasnya.

Pihak SMK Widyagama juga akan mengurus ijazah SMP siswa tersebut yang masih tertahan karena urusan administrasi.

Sementara itu, dari pantauan sekolah, B tidak menampakkan diri bawah sedang mengalami kesulitan tempat tinggal.

"Selama ini anaknya baik-baik saja. Tidak seperti anak yang punya beban. Pelajaran juga mengikuti. Praktik juga mengikuti. Menurut teman-teman nilainya juga bagus," katanya.

5. Dijanjikan akan dijemput oleh bapak asuhnya

Menurut Mawan, siswa itu sebenarnya nyaman tinggal dengan bapak asuhnya. Meskipun, keyakinan siswa dengan bapak asuhnya itu berbeda. B beragama kristen, sedangkan bapak asuhnya beragama Islam.

Demikian juga dengan bapak asuhnya, Pak Angga, juga nyaman mengasuh siswa tersebut. Bapak asuhnya itu terpaksa meninggalkan siswa itu karena masih tinggal di rumah orangtuanya.

"Dia sangat nyaman dengan bapak asuhnya. Karena dididik usaha. Nyaman sekali dia. Dan nyambung. Hobinya komputer sama. Usahanya juga di bidang komputer," katanya.

Bapak asuhnya itu sudah mendatangi sekolah dan berjanji akan mengasuh siswa itu lagi setelah rumah yang sedang dibangunnya sudah bisa ditempati.

Sumber :kompas.com

0 Response to "Ini 5 Fakta Viral Siswa SMK Terpaksa Tinggal di UKS Sekolah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close